Sab. Mei 30th, 2020

Dinas Kepemuda dan Olahraga Provinsi Bali

Menuju Bali Era Baru "Salam Olahraga"

Pedoman Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019

2 min read

Tahukah anda dengan adanya peringatan Hari Olahraga Nasional atau yang biasa disingkat Haornas? Peringatan ini mungkin cukup familiar di kalangan atlit, pelatih, guru olahraga, atau pegiat olahraga lainnya. Namun bagi sebagian masyarakat, masih kurang memahami adanya peringatan hari besar ini.

Ya, Haornas diperingati tiap tahun, tepatnya setiap tanggal 9 September. Peringatan ini membawa pesan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya.

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Perlu diketahui, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah (dibawah 18%). Maka dengan berolahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

Tahun ini memang tidak ada event besar olahraga yang diselenggarakan di Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu, dimana kita menjadi tuan rumah Asian Games yang menorehkan prestasi luar biasa, baik sebagai tuan rumah maupun capaian medali atlit-atlit tanah air.

Namun bukan berarti hal itu mengurangi semarak peringatan Haornas kali ini. Masyarakat diharapkan mengambil momen ini untuk meningkatkan rutinitas berolahraga dalam rangka membangun jiwa dan mental yang sehat.

Tema dan Logo Peringatan Haornas 2019

Sampai saat ini, Kemenpora masih belum merilis Juknis Pelaksanaan Haornas 2019. Namun pada banner salah satu lomba yang diselenggarakan Kemenpora, dimuat salah satu logo yang kiranya akan dijadikan logo resmi Hari Olahraga Nasional 2019. (Artikel ini akan diupdate saat pedoman resmi sudah dirilis).

Berikut ini logonya:

logo hari olahraga nasional

Tema : Ayo Olahraga di Mana Saja Kapan Saja.

Adupun untuk tempat puncak acara peringatan Haornas tahun ini sudah bisa dipastikan yaitu Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara tersebut akan digelar pada 8-9 September 2019.

Upacara Bendera Peringatan Haornas

Sudah menjadi ciri khas peringatan hari besar di negara kita yaitu menggelar upacara bendera. Kegiatan upacara dilaksanakan pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, sampai tingkat peguruan tinggi/sekolah dan dilaksanakan pada hari Senin, 10 September 2019.

Adapun tata upacara bendera Haornas adalah sebagai berikut:

  1. Peserta dan petugas upacara siap di tempat upacara
  2. Pemimpin Upacara menyiapkan barisan
  3. Pembina Upacara memasuki tempat upacara
  4. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara
  5. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
  6. Pengibaran bendera Sang Merah Putih (bagi upacara yang dilakukan di lapangan / ruang terbuka)
  7. Pembacaan naskah/teks Pancasila oleh Pembina Upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
  8. Pemberian Tanda Penghargaan di bidang olahraga
  9. Sambutan Pembina Upacara (Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga)
  10. Menyanyikan Mars HAORNAS dan Patriot Olahraga
  11. Pembacaan doa
  12. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
  13. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara
  14. Upacara selesai.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan berkenaan dengan salah satu hari besar yang jatuh pada tanggal 9 September, yaitu hari Olahraga Nasional. Semoga bermanfaat.

https://www.panduanmengajar.com/2019/08/pedoman-hari-olahraga-nasional-haornas.html?fbclid=IwAR3ezBJV7cVMuRC4xWolc7erQ19HDrh_TTSgAB_w_G32aZTWT2xyW2_r2ww