Sab. Mei 30th, 2020

Dinas Kepemuda dan Olahraga Provinsi Bali

Menuju Bali Era Baru "Salam Olahraga"

Wujud Komitmen Bawa Dispora menuju Digitalisasi Dalam Pemberitaan, Plt. Kadispora Gandeng PWI Bali Bekali Tim IT

2 min read

Menjawab selentingan salah satu wartawan media online saat acara coffee morning di awal bulan April yang lalu, Plt. Kadispora Made Rentin bergerak cepat. Bertempat di Ruang Rapat Dispora dilakukan pembekalan singkat bertajuk *”Teknik Menulis Berita.”*

Selasa 7 Mei 2019 hadir Bapak Budiharjo salah seorang Pengurus PWI Provinsi Bali yang sekaligus Pemred (Peminpin Redaksi) salah satu Media Online, hadir untuk memberikan pembekalan kepada Tim IT dan beberapa staf teknis yang merupakan wakil dari tiap bidang di Dispora Provinsi Bali.

Plt. Kadispora saat pembukaan memberi semangat kepada peserta, bahwa selentingan awak media beberapa minggu lalu hendaknya menjadi pemicu dan pemacu bagi kita semua komponen di Dispora, untuk sadar dan bangkit mengoptimalkan kinerja, terutama dalam konteks penyebaran luasan informasi.

“Ingat esensi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik adalah Publik Berhak Tahu,” tegas Rentin. Oleh karena itu sudah ditetapkan program rutin untuk bertemu dengan awak media (wartawan) minimal sebulan sekali. Media sebagai salah satu pilar demokrasi, diharapkan bisa membantu Dispora dalam mensosialisasikan program-program unggulan dan strategis yang dilaksanakan di Dispora.

Pada akhir arahannya, Rentin menegaskan bahwa pembekalan ini diikuti oleh 15 orang tenaga PNS dan Non PNS, dan bertujuan untuk melatih mereka agar memiliki teknik dasar dalam penulisan berita lanjut untuk dipublikasikan baik di website maupun disebarkan ke media.

Lebih lanjut Plt. Kadispora berharap agar peserta mengikuti dengan tekun dan seksama, terutama saat sesi praktek agar kedepan mampu menulis dan merangkum sebuah kegiatan menjadi berita yang menarik. “Saya menugaskan para peserta, setelah pembekalan ini sudah bisa membuat / menulis berita tentang kegiatan di masing-masing bidang,” pungkas Rentin.

Budiharjo di tengah-tengah memberi materi menjelaskan bahwa dirinya selalu siap jika diminta untuk berbagi ilmu dan pengalaman. “Saat ditelepon untuk memberikan pembekalan saya jawab SIAP, ” tegas Budiharjo.

Pembekalan yang sehari saja, karena akan lebih banyak pada praktek. Mulai hari ini setelah pemberian teori, semua peserta wajib melakukan praktek dan akan dipatau serta dievaluasi. “Ya akan dikawal sampai seminggu kedepan, agar peserta betul-betul bisa membuat tulisan dasar dalam konteks pemberitaan,” pungkas Budiharjo yang juga seorang dosen ilmu komunikasi salah satu Universitas ternama di Bali.

Memang sejak ditetapkannya Made Rentin sebagai Plt. Kadispora di awal April yang lalu, ada komitmen untuk mengoptimalkan keberadaan lembaga (organisasi) lewat digitalisasi. Saat ini sedang develop dan dioptimalkan website dispora.baliprov.go.id dan juga memaksimalkan jejaring melalui pemanfaatan medsos (media sosial). Saat ini era digital, maka Dispora pun tidak boleh ketinggalan, dan mesti masuk / merambah lewat ranah yang memberdayakan kekuatan IT. (rtn/dispora)